SOSIALISASI DAN PEMBENTUKAN BUMDES KEMASAN

KEMASAN, Selaku kepala desa Kemasan kec. Bojong kab. Pekalongan, Budiyono,mengundang seluruh unsur masyarakat yang mewakilinya untuk hadir di balai desa dalam rangka sosialisasi dan menentukan pembentukan badan usaha milik desa (BUMDes) Kemasan. (13/1/2021).

Hadir dalam acara tersebut semua perangkat desa, BPD, LPMD, Tokoh masyarakat, RT dan RW serta Karang taruna. tujuan kepala desa mengundang mereka itu dalam rangka untuk menjelaskan atau mensosialisasikan tentang BUMDesa juga  memilih tim perumus, yang mana nantinya perumus itu akan memilih pengurus Bumdes yang akan di bentuk.

Hadir pula malam itu sebagai narasumber, Bapak Heri Wibowo Tenaga Ahli  pengembangan Ekonomi Desa  dan Ibu Tuti Isnaeni serta Bapak Darwanto selaku petugas pendamping desa Kemasan. Mereka memberikan penjelasan kepada semua yang hadir terkait dengan adanya pengertian Bumdes, fungsi, tujuan Bumdes, aturan, pengurus, dan manfaat Bumdes. Selain itu juga mereka menjawab perwakilan undangan yang melontarkan pertanyaan kepadanya.

Tujuan BUM Desa Meningkatkan perekonomian Desa Mengoptimalkan aset desa supaya mempunyai manfaat bagi kesejahteraan desa, Meningkatkan usaha masyarakat dalam mengelola potensi ekonomi desa, Mengembangkan rencana kerja sama usaha antar desa dan/atau dengan pihak ketiga menciptakan peluang dan jaringan pasar yang mendukung kebutuhan layanan umum warga, Membuka lapangan kerja, Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa Meningkatkan pendapatan masyarakat desa dan Pendapatan Asli Desa. Keberadaan BUMDes sejatinya tidak bisa dilepaskan dari peranan desa dalam memajukan kehidupan ekonomi di wilayahnya. BUMDes mutlak harus ada sebagai salah  satusarana peningkatan pendapatan asli desa. Lebih jauh dari itu,semangat membangun BUMDes adalah semangat membangun perekonomian rakyat dari sub pemerintahan terkecil yaitu Desa. Berkenaan dengan hal tersebut pemerintah telah memberikan banyak dukungan untuk terciptanya BUMDes yang mandiri Unggul dan berdaya saing, serta mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat. yang diakui  dan dihormati dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

peserta sosialisasi dan pembentukan BUMDes Kemasan
peserta sosialisasi dan pembentukan BUMDes Kemasan

Hingga akhirnya acara ditutup oleh Bapak Budiyono selaku Kepala Desa Kemasan.

kepala Desa, pendamping desa serta narasumber Sosialisasi pembentukan BUMdes
kepala Desa, pendamping desa serta narasumber Sosialisasi pembentukan BUMdes